7 Tips Menjaga Daya Tahan Baterai Smartphone

3:46 PM
battery_charge_section

Tekno Records - Baterai sebagai sumber daya utama dari sebuah smartphone memang tak bisa dipungkiri lagi. Tanpa adanya sumber daya dari baterai, sebuah smartphone hanya akan menjadi barang yang tidak berguna. Untuk itu, setiap pengguna smartphone harus tahu bagaimana cara merawat baterai agar tidak cepat rusak dan lebih tahan lama.

Saat ini beredar banyak tips cara menghemat pemakaian dari baterai sebuah smartphone dengan cara mematikan fitur-fitur tertentu yang justru malah mengurangi fungsionalitas yang seharusnya dimiliki oleh sebuah smartphone.

Berikut ada 7 langkah sederhana bagi anda pengguna smartphone untuk menjaga daya tahan dan umur baterai smartphone anda.

1. Lakukan Pengisian dalam Beberapa Tahapan


Seperti saat kita berolah raga, langkah pertama yang kita lakukan adalah dengan melakukan pemanasan untuk melenturkan tubuh agar terhindar dari kram urat saat melakukan olah raga berat nantinya. Sama halnya seperti saat kita melakukan pengisian daya baterai, untuk menjaga agar sel baterai tidak cepat rusak saat pengisian, sebaiknya proses pengisian baterai ini dilakukan secara bertahap. Misalnya kita melakukan pengisian dari 40% sampai dengan 70% kemudian kita hentikan pengisian beberapa saat, lakukan proses ini sampai baterai benar-benar penuh 100%.

2. Jangan Biarkan Baterai anda benar-benar kosong. 


Jangan pernah biarkan baterai anda benar-benar kosong untuk sebelum anda melakukan pengisian, pengisian daya baterai dalam waktu lama sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak sel-sel baterai. Begitu pula jika kita membiarkan sampai baterai smartphone kita benar-benar kosong itu merupakan kondisi yang lebih buruk lagi. Jika baterai sering mengalami hal ini, maka ketahanan baterai perlahan akan semakin menurun.

3. Kondisi Baterai Paling Baik adalah Saat 40 Persen. 


Pada persentase ini, kondisi baterai dalam kondisi yang seimbang. Tidak terlalu penuh ataupun kosong. Jangan pernah melakukan pengisian daya pada kondisi ini, lebih baik anda menunggu sampai persentase baterai menurun perlahan. Selanjutnya, sebelum baterai benar-benar kosong barulah lakukan pengisian daya.

4. Jangan Pernah Menempatkan Baterai Pada Suhu Panas


Baterai akan kehilangan 80 persen daya tahannya jika pengguna menempatkannya pada temperatur 60 derajat selama satu tahun. Namun, pada suhu normalpun (25 Derajat) baterai akan kehilangan daya tahannya secara alamiah sebanyak 20 persen.

5. Jangan Pula Menempatkan Baterai Pada Suhu Dingin


Jika anda ingin menyimpan baterai, pastikan anda tidak menyimpanya pada suhu dingin, seperti didalam kulkas. Dampak negatif dari suhu dingin ini akan sama dengan kemungkinan jika baterai disimpan pada tempat dengan suhu yang panas.

6. Jangan Pernah Biarkan Baterai Anda Kosong Dalam Waktu Yang Lama. 


Jika sebuah baterai benar-benar ada dalam keadaan yang kosong, sel baterai akan tertidur, dan jika tidak cepat dibangunkan dengan cara melakukan pengisian, kemungkinan terburuknya sel baterai tersebut akan kehilangan kemampuannya untuk menyerap daya pada saat melakukan pengisian.

7. Baterai Smartphone anda tidak akan bertahan selamanya


Seperti halnya mahluk hidup yang terbatas dengan umur, bateraipun memiliki batasannya. Faktanya, setiap tahun ketahanan baterai akan semakin menurun secara perlahan. Meskipun pengguna telah melakukan perawatan baterai baik dengan benar hal ini tidak akan bisa dihindari. Demi kesehatan smartphone anda, gantilah baterai smartphone anda segera jika kondisi baterai sudah tidak layak.

Selamat mencoba.


Sumber : Kompas.com


Image Credit :
http://reneweconomy.com.au/wp-content/uploads/2012/08/battery_charge_section.png

Artikel Terkait

Previous
Next Post »